Sehat Alami dengan Buah dan Sayur

Tomat

Walau dalam bentuknya termasuk buah-buhan, Tomat tetap termasuk dalam sayur-sayuran, yang pasti, buah ini menyimpan banyak keistimewaan, selain fungsinya sebagai bahan makanan, ia juga bisa membuat penampilan kita lebih menarik, ,menyehatkan badan, bakan dapat mengobatin berbagai macam penyakit, terkadang buah tomat ini sering juga di buat jus di rumah makan, café, dan mala di lestoran. Tomat inipun memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah busuk.
Tomat juga dapat mengobatin wajah kita dari jerawat, caranya cukup muda tomat yang telah di masak dipotong-potong lalu digosokkan secara perlahan pada wajah yang berjerawat, harus dengan rutin, maka anda bebas dari jerawat dan mangkin pede. Kenapa bisa ?.karena kandungan yang terdapat di buah tomat salah satunya berkhasiat anti radang, tomat juga mengandung karoten dan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan, sementara asam sitratnya juga mengangkat kotoran dan lemak pada wajah berjerawat. Tomat bisa juga mengobatin bisul caranya panaskan seluruh daging dan biji. Lalu taruk di atas bisul. Biasanya tidak lama bisul itu pecah, sekaligus sembuh.
Tomat dapat juga mengobatin diare, serangan empedu, dyspepsia (gangguan pencernaan) dan mencegah kolera
Ilmuwan Yumi Tohuoka meneliti dalam laporan ia menyatakan, jus tomat datap efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever.

Wortel

Wortel sering di buat untuk penambah aneka sayuran, dan juga wortel sering juga di buat jus, pada umumnya masyarakat sudah tau kelebihan wortel yang menganduag Vitamin A yang sangat penting dalam menjaga fungsi retina mata, semangkin oranye warnanya, maka semangkin tinggi pula kandungan betakarotennya.
Yang harus di perhatikan kalau mau lebih maxsimal kandungan zat, yang tidak terbuang percuma, lebih baik wortel harus di rebus dan di tambah sejumlah minyak/lemak, kelebian lain wortel yang di rebus akan lebih mudah diserap oleh tubuh.
Selain kaya akan betakaroten, sayur ini mengandung zat antioksidan yang mampu melindung zat antioksidan yang mampu melindungin tubuh dari kemungkinan serangan kangker. Kandungan lainnya dominan dalam sayuran ini adalah asam fenolat. Riset yang dilakukan oleh Robertson, dari Amerika, bahwa dengan mengonsumsi wortel ini sebanyak 200 gr/hari rutin selama 3 minggu dapat mengurangin kadar kolesterol darah sampai 11%

Jagung Mudah

Siapa si yang tidak kenal dengan satu ini, jagung mudah dapat mengobatin mengilangkan bekas cacar, sangat mudah setelah seseorang telah sembuh dari penyakit cacar, pasti meninggalkan bintik-bintik merah, untuk mengobatinya ikutin langkah-langkah ini pertama, parutlah jagung muda, kemudian gosokkan pada wajah atau bagian badan yang berbintik merah. Lakukan hal tersebut secara rutin. Mudah-mudahan bintik-bintik merah bekas cacar itu segera hilang. Selamat mencobah

Lidah Buaya

Selain dapat menyuburkan rambut, lidah buaya dapat mengatasin jerawat, dan flek hitam, dengan cara ini bisa jadi dikatakan masker lidah buaya caranya, parutlah sekitar 3 cm daun lidah buaya sampai keluar jelnya. Lalu campur dengan bedak dingin kira-kira 5 butir. Gunakan masker ini di malam hari. Secara rutin 3 kali seminggu. Setelah andah menggunakan masker ini selama 15 hari, niscaya wajah anda akan bebas flek hitam,ilangnya jerawat dan terlihat cantik. Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobatin berbagai penyakit. Misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir dan radang tenggorokan.
Lidah buaya bersifat merangsang pertmbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lingnin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda.
Lidah buaya, termasuk makanan kesehatan, lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah pada diabetes yang tergantung insulin. Dalam waktu sepuluh hari gula darah bisa normal, katanya. Dalam laporan, Fujio L. Panggbean, seorang peneliti dan pemerhati tanaman obat, mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya tak lain karena tanaman ini memiliki kandungan nutrisi, dan memiliki kabohididrat yang banyak setelah kandungan airnya, dan menjadi sumber kalori sebagai sumber tenaga
Menurut Dr. freddy, beberapa unsure mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga ada yang befungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Misalnya vitamin C, vitamin E dan zinc. Lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit kita, zat lidah buaya ini dapat menembus dan meresap kekulit. Hasilnya kulit tidak cepat kering dan Nampak awet muda

Pisang

Pisang memiliki kandungan gizi sangat baik, dan cukup lebih baik di bandinkan buah-buahan lainnya, yang terdapat dalam pisang yaitu kalium, fosfor, magnesium, besi, dan kalsium pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B, kompleks, B6, dan serontonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Pisang juga memiliki energy instan sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram dan juga kaya dengan mineral, seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi.

Alpukat

Pada umumnya kita pasti mengenal buah satu ini, yang biasanya selalu di buat jus, campuran utk es teller maupun yang lain, meki kulitnya yang tidak terlalu menarik dibandingkan seperti apel, atau pear namun alpukat ini banyak manfaatnya bagi kita ia mampu untuk menurunkan resilo streke dan serangan jantung, karena merupakan satu-satunya buah yang kaya dengan lemak, mala kadarnya lebih dari dua kali kandungan lemak buah durian.
Walaupun begitu, tak perlu takut sebab lemak alpukat termasuk lemak sehat, karena didominasikan asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan kuat. Lemak alpukat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sambil menarik kolesterol baik, sehingga dapat menekan resiko stroke dan serangan jantung, kandungan di dalam alpukat ini vitamin E,vitamin B-kompleks, betakaroten, dan klorofil dan Zat besi,zat tembaga yang berimpah membuat alpukat penting dalm membentukan sel darah merah pencegahan anemia gizi. Panduan antaara vitamin E, vitamin C, Zat besi, kalium dan manganya menjadikan alpukat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dengan adanya asam folat dan vitamin B, serta vitamin-vitamin B lainya, alpukat ideal untuk merangsang pembentukan jaringan kolagen.
Maka manfaat alpukat sangat baik, karena zat gizi dan senyawa fitokimiawinya menjadi tetap harus utuh. Dan bagi yang mau menaikkan berat badan sangat cocok untuk menyantapnya.

Apel

Telah banyak penelitian mengungkapkan bahwa apel, seperti buah-buahan lain, kaya dengan serat, fitokimia, dan flavonoid. Hanya saja menurut institute Kanker Nasional Amerika Serikat, apel paling banyak mengandung flavonoid dibandingkan dengan buah-buahan lain. Zat ini menurut laporan mampu menurunkan risiko kena penyakit kanker paru-paru sampai 50%. selain itu flavonoid yang terdapat dalam apel dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker prostat bagi kaum Adam. Fitokimia di dalam apel akan berfungsi sebagai antioksidan yang melawan kolesterol jahat (LDL, Low Density Lipoprotein), yang potensial menyumbat pembuluh darah. Antioksida akan mencegah kerusakan sel-sel atau jaringan pembuluh darah. PAda saat bersamaan, antioksidan akan meningkatkan kolesterol baik (HDL, High Density Lipopretein), yang bermanfaat untuk mencegah penyakitjantung dan pembuluh darah. Tidak hanya itu, kandungan pectin (serat larut yang dikandung buah-buahan dan sayuran), telah diteliti dan terbukti menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Secara spesilik pada sebuah penelitian awal, terbukti bahwa dalam apel ditemukan asam D-glucaric yang berinafaat mengatur kadar kolesterol. Disebutkan dalam penelitian tersebut, jenis asam ini mampu mengurangi kolesterol sampai 35%. Zat fitokimia yang terdapat pada kulit apel ini, menurut sebuah penelitian apel ini, bermanfaat menghambat pertumbuhan sel kanker usus sebesar 43%. Sementara itu sebuah penelitian yang lain menunjukkan bahwa konsumsi buah apel secara teratur akan membuat paru-paru berfunsi lebih baik. Buah ini hampir tanpa lemak dan kolesterol, sehingga cocok dimasukkan sebagai menu orang yang sedang berdiet. Keluhan seperti sembelit pada orang diet, tidak akan terjadi bila orang tersebut memasukan apel sebagai bagian dari menunya, dan dapat juga bermanfaat untuk pencernaan.

Sari Kedelai

Fungsinya sebagai penggempur lemak dan bikin awet muda. Kini sudah ada yang berbentuk cairan infus. Kabarnya lebih cepat dan mujarab mengatasin penyakit jantung koroner, sari kedelai kaya akan protein yang di butukan oleh tubuh kita.

Bayam

Bayam brokoli, dan sayuran daun yang berwarna hijau gelap mengandung senyawa yang disebut lutein, kadar lutein yang tinggi di dalam darah dapat menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian, konsumsi sayuran hijau sangat bermanfaat untuk menggusur timbunan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol diangkut di dalam aliran darah dalam bentuk molekul besar gabungan lemak dan protein yang di sebut lipoprotein. Ada beberapa jenis lipoprotein, tapi yang paling populer adalah low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL).LDN dan HDL bekerja berlawanan di dalam tubuh. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko menumpuknya deposit lemak di dalam pembuluh darah sehingga menimbulkan penyubatan, yang pada gilirannya meningkatkan risiko serangan jantung. Itulah sebabnya kolesterol jahat. Sebaliknya, meningkatkanya kolesterol HDL memiliki efek protektif terhadap penyakit jantung. Karena alasan tersebut, kolesterol HDL di sebut sebagai kolesterol baik.

Kelapa Muda

Siapa si yang pada umumnya yang tidak kenal kelapa muda, tidak hanya menyegarkan, dan di kenal mampu menetralkan tubuh dari keracunana, rupanyadawegan punya manfaat lain. Di Jawa Barat dan Jawa Timur, buah itu dipakai sebagai penurun panas dan demam bila di campur dengan jeruk nipis ( Citrus aurantium ). Jadi , bak parasetamol, dapa umumnya sering di gunakan masyarakat perdalam yang terlalu jauh dan tidak terjangkau oleh fasilitas kesehatan dan mengalamin kesulitan mendapatkan obat-obatan.

Jahe Merah

Pada umumnya jahe adalah sebagai obat tradisional, khasiat umumnya adalah menambah nafsu makan dan menghangatkan badan, dan gairah seks dapat juga mengobatin masuk angin, mengatasin radang tenggorokan, rematik,sakit pinggang, meningkatkan kembali stamina, meredakan asma, mengobati pusing, dan nyeri otot.

Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C, dan sumber antioksida yang cukup baik, pada umumnya pengobatan tradisional Cina sering gunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan dan dapat juga mengilangkan cacing usus. Para pakar kanker internasional pad tahun 1997 melaporkan tentang manfaat vitamin C dapat juga mencegah kanker paru-paru, dapat juga kemungkinan melawan kanker kolon, pancreas, kandung kemih, dan payudara, dan dapt juga mengurangin radikal bebas.
Apabila kurangnya vitamin C di tubuh kaum Adam dapat menghambat dalam memperoleh keturunan, cara mengatasinya lebih di tingkatin konsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram. Vitamin C ini dapat juga mengurangin risiko katarak, memperkuat dinding kapiler darah, dan mengurangin kemungkinan penyakit jantung. Anda perlu himbau agar jangan mencampur papaya untuk memasakan jeli atau pun agar-agar telur karena enzim papain yang ada dalam pepaya akan merusak protein dan agar-agar telur.

Jeruk Lemon

Pada umumnya kita pasti uda kenal jeruk lemon dan tak asing lagi di dengar. lemon sering dimanfaatkan sari buahnya untuk digunakan membuat minuman penyegar. Kandungan jeruk lemon adalah minyak atsirin, pektin, minyak atsiri, 70% limonene, alpha terpinene, betapinene, vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, kalsiun, forfor, besi, serat, protein, karbohidrat dan lemak. Pektin dapat menurunkan kolesterol dalam usus dan mendorong pengeluarannya. Lemonene sebagai antioksidan, agen antikanker juga membantu mengatasi batu empedu dan batu ginjal dengan cara membantu melarutkan toksin dari hati dan ginjal. Dan Bilavonoids sebagai antioksidan danmemperkuat lapisan dalam pembulu darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar